Pesanan dari Seantero Jateng, Dikenal Warga Tionghoa sebagai Pembuat Replika

PRIA ini dikenal sebagai pembuat preplika benda apa saja. Namanya Imam Bintoro, guru di SMP Stella Matutina Salatiga. Replika yang dibuatnya mulai dari gajah, rumah, burung, buraq, dan lainnya. Replika yang dibuat Imam, dalam berbagai ukuran sesuai dengan pesanan, dari yang kecil hingga beberapa kali lipat besarnya.

Dalam berbagai event yang digelar di beberapa daerah, Imam kerap mendapat pesanan membuat replika. Di Jateng pria ini cukup terkenal dan kerap mendapat pesanan berbagai acara ritual warga Tionghoa. Pesanan yang diterimanya di antaranya, miniatur rumah-rumahan beserta isinya, yang dipakai untuk ritual <I>Cao Kung Tek<P> atau kirim doa kepada kerabat yang telah meninggal. Lalu pesanan ikan koi. Dia juga mendapat pesanan membuat replika Ganesha ukuran raksasa saat meramaikan kegiatan Open House dan Peringatan Hari Pahlawan di TK/SD Kanisius Gendongan Kecamatan Tingkir Salatiga.
Bahan-bahan itu dibuat dengan rangka dari bambu, lalu dibungkus dengan kertas/koran. Banyak barang yang berasal dari benda-benda tak terpakai di sekitar kita. Beberapa waktu lalu, Imam membuat replika Buraq, yang dipakai untuk acara karnaval di Magelang. Bukan main pusingnya Imam Bintoro harus mengaplikasikan wujud buraq, padahal di sendiri belum melihatnya. Dengan membaca berbagai literatur, akhirnya dapat diwujudkan juga. Dalam kegiatan karnaval tersebut, replika buraq yang dibawa siswa SMP Stella Matutina Salatiga meraih nominasi juara.
Saat ini, Imam sedang menggarap pesanan warga asal Solo. Yakni berupa rumah-rumahan yang akan dipakai untuk ritual Cao Kung Tek. ”Masih digarap dan dalam proses akhir penyelesaian,” ujarnya. (Surya Yuli P-)

Membuat miniatur rumah untuk tradisi Cao Kung Tek
Membuat miniatur rumah untuk tradisi Cao Kung Tek
Mengerjakan pesanan replika ikan koi
Mengerjakan pesanan replika ikan koi
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s