Pohon Pisang Aneh Tumbuh di Pekarangan Warga

POHON pisang aneh tumbuh di pekarangan warga di Jalan Nakula-Sadewa IV, RT 1 RW 3 Kembangarum Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Salatiga. Keanehan muncul karena tandan buah pisang itu berjumlah 2 dan tangkai buahnya muncul di tengah batang pohon pisang. Padahal, biasanya tandan buah pisang muncul dari ujung batang paling atas, keluar sejajar dengan tangkai daun pisang.
Pohon pisang yang tingginya sekitar 2,5 meter tersebut, tandan buahnya muncul di bagian batang pohon dengan ketinggian sekitar 1,2 meter. Sukiman (65) mengungkapkan, pohon pisang aneh tersebut baru pertama kali muncul di pekarangan rumahnya. Selama ini tidak pernah terjadi. Dia mengetahui pisang aneh itu sekitar beberapa pekan lalu, saat sedang bersih-bersih kebun dan pekarangan. ”Kok jantung pisang muncul di tengah batang pohon. Biasanya jatung muncul dari atas sehingga tidak mudah diraih. Jantung pisang yang telah menjadi buah tetap tumbuh dan semakin membesar,” ujarnya, kemarin.
Para tetangga yang mengetahui kejadian tersebut penasaran dan ingin melihatnya. Sukiman mempersilakan warga yang hendak melihat, karena dari jalan pun bisa dilihat tanpa harus masuk pekarangan. Tidak ada kejadian atau hal aneh bersamaan dengan munculnya pisang tersebut. Namun menurut beberapa warga, hal itu justru bertanda baik, bahwa Tuhan Sang Pencipta memiliki kuasa untuk menciptakan apa pun dan dalam bentuk apa pun atas kehendak Nya. Termasuk pohon pisang aneh dengan tangkai buahnya muncul dari tengah batang pohon.
Sementara itu beberapa warga menilai, saat ini banyak pohon pisang tumbuh tidak lazim. Adapun keanehen jantung pisang tersebut sebenarnya muncul dari ujung batang bagian atas. Tetapi karena pohon terus tumbuh ke atas dan jantung pisang yang semakin berat, apalagi setelah berubah menjadi buah pisang, maka seolah-olah tangkai buah muncul dari batang. Namun fenomena tersebut dianggap tidak lazim seperti pada pohon pisang lainnya. Adapun Sukiman tetap berusaha merawat pohon pisang aneh tersebut, dan berharap buahnya bisa tumbuh sempurna, sehingga saat panen bisa dinikmati. (Surya Yuli P-)

Pohon pisang aneh tumbuh di pekarangan warga Jalan Nakula-Sadewa IV, RT 1 RW 3 Kembangarum Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Salatiga.
Pohon pisang aneh tumbuh di pekarangan warga Jalan Nakula-Sadewa IV, RT 1 RW 3 Kembangarum Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Salatiga.
Tandan buah pisang muncul dari batang
Tandan buah pisang muncul dari batang
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s