Rumah Wisata Kedelai Argomulyo – Tempat Belajar Entrepreneur

BELAJAR entrepreneur sejak dini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satu tempat yang bisa dipilih adalah Rumah Wisata dan Wirausaha Kedelai di Argomas Timur, Kelurahan Ledok, Kecamatan Argomulyo Salatiga. Seperti yang dilakukan Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB/TK) Yasa Luhur Salatiga menggelar praktik di luar kelas (outing), dengan mengenalkan sejak dini semangat kewirausahaan (entrepreneur) kepada muridnya.

Di tempat usaha yang menyediakan berbagai camilan (makanan) dan minuman dari biji-bijian tersebut, akan dikenalkan seluruh proses pembuatan produk tersebut. Termasuk proses pengepakan hingga pemasaran. ”Kami mengajak siswa berwisata sambil mengenalkan usaha asli makanan khas Indonesia yang dikelola warga Kota Salatiga. Diharapkan sejak dini tertanam jiwa berwirausaha (entrepreneur) kepada anak-anak,” kata Kepala Sekolah KB/TK Yasa Luhur, Hana Widi Lestari.
Hana menjelaskan, dalam kegiatan ini anak-akan juga dikenalkan cara pembuatan makanan yang higienis. Mulai dari pemilihan bahan baku, pengelolahan, dan pengepakan. Satu persatu bagian dari industri rumah tangga tersebut, memperlihatkan seluruh proses pembuatan dari pemilihan bahan baku.
Rumah Wirausaha Kedelai merupakan milik, Eko Susilo, pengusaha setempat yang merintis produksi makanan dan minuman sejak 2006, dimulai dari membuat kacang telur. Kini produksi camilan berbahan baku kedelai itu bervariasi produksinya, tidak hanya tempe. Usaha berkembang dengan memproduksi jus bubuk kedelai, jus kacang hijau, dan jus beras merah, yang bermanfaat bagi kesehatan. (Surya Yuli P-)

 

Murid KB/TK Yasa Luhur melihat proses menyortir kedelai sebagai bahan baku pembuatan makanan dan miniman di Rumah Wisata dan Wirausaha Kedelai di Argomas Timur.
Murid KB/TK Yasa Luhur melihat proses menyortir kedelai sebagai bahan baku pembuatan makanan dan miniman di Rumah Wisata dan Wirausaha Kedelai di Argomas Timur.

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Rumah Wisata Kedelai Argomulyo – Tempat Belajar Entrepreneur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s